Mengurus Visa Korea Selatan

Tanggal 5-10 Mei 2016 kemarin, akhirnya impian untuk jalan ke Korea terwujud juga.

HUWAAAA

Tiket pesawat udah dibeli sejak November 2015. Waktu itu
lagi ada promo tiket pesawat dari Kuala Lumpur ke Seoul  dan harganya oke banget. Tanpa pikir panjang,
tiket PP Kuala Lumpur – Seoul pun langsung dibeli. Tiket PP dari Jakarta ke KL
bisa menyusul belakangan dan biasanya juga nggak mahal, pikirku. Waktu itu
berhasil dapat tiket PP KL – Seoul seharga Rp.3,500,000 nett sudah termasuk
Bagasi PP 25kg dan beli seat 2x. Lumayan banget kan. Terima kasih, AirAsia!

Segera setelah tiket dibeli, aku langsung sisihkan 1
rekening yang didedikasikan untuk pengurusan Visa.  Pokoknya, apapun yang terjadi, rekening yang
ini nggak boleh disentuh.

Karena, untuk pengurusan Visa ke Korea, angka cantik di
dalam rekening tabungan selama minimal 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan konon
merupakan salah satu syarat vital-nya.  Karena
aku menghindari kemungkinan ditolak, aku niat menyiapkan angka cantik dari 5
bulan sebelumnya. Angka cantik bukan berarti angka super besar ya, tapi flow
masuknya uang emang harus bertahap dan nggak boleh ada dana besar “misterius”
yang masuknya tiba-tiba.

Sambil mulai ngumpulin tabungan untuk jalan ke Korea, aku
mulai cari info tentang apa aja syarat Visa Korea. Sambil mulai nonton-nonton
Youtube tentang Korea Trip. Iya, dari 5 bulan sebelumnya. Segitu niatnya dan
panjangnya perjalananku. :’)


SUSAH NGGAK SIH URUS VISA KOREA?

Menurut pengalamanku sih, enggak. Asal semua syarat lengkap.

Di akhir Maret 2016, setelah semua dokumen lengkap di tangan
dan angka di rekening sudah cukup cantik, barulah aku mengurus Visa.  Untuk Single Entrance Visa, berlaku 90 hari.
Jadi sebaiknya urus Visa-mu 2 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Kalau
ditolak, baru bisa apply lagi setelah 3 bulan. Jadi, kalau kamu urus 2 bulan
sebelumnya lalu ditolak, kamu masih ada waktu untuk mengubah tanggal tiket
dengan menelepon maskapai (karena kalau diubah dari jauh hari, penalty-nya
masih murah)

Syarat untuk pengurusan Visa Korea adalah sbb:

  1. Formulir aplikasi Visa (bisa didownload di http://www.mofa.go.kr/ENG/image/common/title/res/visa_application_form(15.06.15.).pdf)
  2. Paspor Asli dan Fotokopi (Jika sudah pernah perpanjang paspor, paspor lama dibawa juga)
  3. Kartu Keluarga Asli dan Fotokopi
  4. Akte Kelahiran Asli dan Fotokopi
  5. KTP Asli dan Fotokopi
  6. Pasfoto 3,5cm x 4,5cm. (Karena di Indo nggak ada standar ukuran ini, cetak 4×6 aja, lalu potong sesuai bingkai foto yang ada dalam formulir visa)
  7. Surat Keterangan Karyawan (isinya nama perusahaan, jabatan kamu, gaji kamu, dan tanggal kamu mulai bekerja di perusahaan. Minta aja dari HR di kantormu)
  8. SIUP Perusahaan (minta dari HR kantormu)
  9. Bukti Pemotongan Pajak (Minta dari HR/Finance kantormu)
  10. Surat Referensi Perusahaan (isinya bahwa kamu akan kembali ke Indonesia untuk bekerja di perusahaan tersebut)
  11. Slip gaji 3 bulan terakhir
  12. Surat Referensi Bank (isinya adalah keterangan bahwa kamu benar memiliki rekening di bank tersebut, dan berapa jumlah saldo terakhirmu. Minta dari bank)
  13. Rekening Koran 3 bulan terakhir (Minta dari bank)

BENER NGGAK SIH SALDO HARUS 50 JUTA?

Gini, kalau kamu urus Visa dari travel agent, biasanya
mereka bilang syarat minimal rekening adalah 50 juta. Sebenernya nggak begini.  Menurutku, ini cuma cara cepat travel agent supaya
pengurusan Visa lebih gampang dan angka kesuksesan mereka tinggi.

Sebenernya, kalo urus sendiri, nggak harus sebanyak itu.
Katanya, rumus sederhananya begini:

Jumlah uang yang harus ada di rekeningmu selama 3 bulan
berturut-turut = Jumlah hari traveling X Rp.1.500.000

Kenapa 1,5 juta? Karena segitu dianggap cukup untuk biaya
hidup harian di negara-negara Asia seperti Korea dan Jepang bagi turis (untuk
hotel, makan, transportasi).

Jadi misalnya total hari travelingmu adalah 10 hari, berarti
siapkan dana minimal Rp.15.000.000 selama 3 bulan terakhir. Ini minimal ya,
jadi tiap bulan selama 3 bulan berturut-turut, minimal harus ada saldo 15juta.

 

KEMANA HARUS URUS VISA KOREA?

Ya ke kedutaan Korea-lah!
Masa ke abang-abang penjual DVD Korea di ITC? Kamu nih, ah. Cubit ya.  🙁

Datang pagi hari sebelum jam 10 supaya nggak nunggu lama. Percaya,
deh. Kalo datang di atas jam 10, kamu bakal menyesal karena akan menunggu 2-3
jam. Dan tempat duduk yang disediakan sedikit.

Setelah aplikasi kamu antarkan ke kedutaan, kamu akan diberi
formulir pengambilan paspor dan akan tertera tanggalnya. Turutin itu aja,
jangan tiap hari nelpon Kedutaan 3x kaya pacar insecure. Sabar. Banyak berdoa.
Setelah sudah hari H, kalau mau nelpon dulu sebelum datang langsung, silahkan.

Waktu
itu aku nelpon dulu, dan diminta menyebutkan nomor aplikasi yang tertera di
formulir. Setelah komat-kamit bacain nomer aplikasi, mbak di ujung telepon cuma
bilang “Bisa diambil Senin – Jumat di jam 13:30 s/d 16:30 ya. Terima kasih.”.  Itu aja. Lalu ditutup. Singkat, padat, jelas.
Nggak pake “Kamu di mana? Lagi sama siapa? Lagi ngapain?”.

Tapi, kalo kalimatnya udah begitu, artinya Visa-mu diterima!
😀

Katanya sih, kalo Visamu ditolak, akan dikabarin di telepon
kalau ditolak dan kamu disuruh menjemput Paspormu. 🙁

Setelah Visa diterima, barulah aku berburu tiket murah
Jakarta – KL PP.  Cuma 1 juta sudah
termasuk bagasi 25kg PP dan beli seat 2x juga. Jadi kalau ditotal, semuanya
Rp.4.500.000 nett udah termasuk bagasi dan beli seat 4x. Menurutku sih harga ini
oke banget, soalnya harga bagasi AirAsia ke luar negeri itu lumayan ugha kan sis.

Waktu berangkat dari Jakarta tanggal 3 Mei, ada long layover
sih di Kuala Lumpur sekitar 24 jam, tapi karena memang sudah menyisihkan jatah
cuti panjang, jadi nggak masalah. Sekalian berburu makeup murah juga di
KL.  Tonton video jalan-jalan di KL
selama 24 jam di sini.

Di KL belanja apa sih, Tuel? Tonton video Kuala Lumpur Shopping Haul di sini.

 

 

Total Biaya yang dikeluarkan:

Tiket PP = Rp.4.500.000

Biaya urus Visa Single = Rp.560.000

Oh iya, untuk hotel, aku baru booking setelah Visa selesai.

Yup. SETELAH Visa selesai. Karena untuk urus Visa Korea,
TIDAK PERLU beli tiket pesawat dan hotel di awal. Jadi kamu bahkan bisa urus
Visa dulu baru beli tiket. 🙂

Semoga berhasil ya! Jangan lupa tonton video Seoul Trip Day 1 ku di sini.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *