SOUTH KOREA TRIP 2016 PART 2 – GANGNAM, NORYANGJIN FISH MARKET, DAN NAMI ISLAND

Sambungan dari post sebelumnya

 

6. Noryangjin Fish Market

snapshot_30 snapshot_31

Sebagai salah satu pasar ikan segar terbesar di Asia, Noryangjin Fish Market memiliki pesonanya sendiri buatku. Aku selalu suka melihat deretan warna, bentuk, dan tekstur, makanya aku memutuskan untuk mengunjungi tempat ini. Sekaligus juga belajar mengenai asal-usul bahan makanan penduduk lokal dan jenis-jenisnya. Menarik, karena aku melihat banyak banget jenis ikan dan kerang yang sebelumnya sama sekali belum pernah aku lihat. Di sini kita membeli langsung seafood yang kita suka, lalu membawanya ke restoran di belakang pasar untuk dimasakin. Walau menurutku mahal, tapi boleh juga kok untuk sekedar dicoba buat yang penasaran.

 

7. Itaewon

img_20160506_160122

Itaewon adalah melting pot segala macam budaya internasional di Seoul. Dipenuhi oleh berbagai pendatang dari seluruh dunia yang menetap di Korea, di Itaewon ini menurutku diversity-nya lebih terasa. Dari mulai restoran India, Melayu, Afrika, sampai bangunan Mesjid yang luas dan megah juga bisa kamu temukan di sini. Selain itu Itaewon juga merupakan salah satu pusat shopping dan hang out yang terkenal.

 

8. Insadong dan Ssamziegil

img_20161014_224335

 

Insadong adalah pusatnya kesenian dan kerajinan, museum dan pameran, serta teahouse dan restoran tradisional. Di sini juga terletak Ssamziegil mall, salah satu tempat belanja yang paling terkenal di Seoul. Area sekitar Ssamziegil disebut Ssamziegil Road dan di sepanjang jalan banyak toko oleh-oleh, money changer, butik, hingga coffee shop dengan design interior yang ekletik.

 

9. Myeongdong

img_0613img_0623

img_0588

Well, basically this is a paradise for me. Terutama buat cewek-cewek, kayanya nggak ada yang nggak tau Myeongdong sebagai pusat belanja skincare, makeup, dan fashion. Ada ratusan toko skincare dan makeup berbaris di sepanjang Myeongdong. And I’m being serious, RATUSAN, berjejer. Dari Etude House, Innisfree, Club Clio, Mamonde, you name it they have it. It took me one full day just to stroll around Myeongdong and filled up my luggage hahaha.

 

10. Hongdae (Hongik University Street)

img_0696 img_0678 img_0690 img_0670

Dengan adanya Hongik University, area ini jadi salah satu tempat paling favorit bagi anak muda Seoul. Youthful, lively, romantic, all at the same time. Dari café dengan tema macam-macam (sheep cafe, cat cafe, dog cafe, coffee prince cafe, toy cafe, dll), toko baju murah, sampai street performance, semua memenuhi sepanjang jalan area Hongdae.

 

11. Ewha Women’s University

img_0733 img_0734 img_0742

Mirip dengan Hongdae, area Ewha juga dipenuhi banyak tempat nongkrong anak muda. Hanya saja, karena Ewha merupakan kampus khusus perempuan, kebanyakan toko/butik menjual barang-barang perempuan seperti makeup, beauty, dan fashion item perempuan. Semacam mini Myeongdong, menurutku.

 

12. Gangnam 

img_0752 img_0753 img_0758

Area yang konon merupakan area paling mahal dan paling mewah di Seoul ini terkenal dengan semua yang serba high-end. Tapi sebenarnya jalan-jalan di Gangnam juga bisa hemat asal tau belanja dan makan di mana. Aku menemukan toko pakaian affordable bernama Vin Prime, dan beberapa restoran chinese-korean yang harga makanannya sangat affordable (4,500KRW untuk seporsi Jjampong atau Jjajangmyun).

 

13. Garosugil

snapshot_30 snapshot_31

Salah satu shopping district favoritku selama di Seoul. Garosugil yang dalam bahasa Korea maknanya “jalanan dengan pohon berbaris” memang dipenuhi pohon-pohon ginko yang berbaris memanjang menghiasi dengan cantik. Selain barisan pohon yang katanya terlihat paling indah di musim gugur, Garosugil memiliki daya tarik tersendiri karena auranya yang bohemian dan chic. Mulai dari butik hingga cafe dan coffee shop, semua ditata dengan apik dan complimenting each other sehingga terlihat jadi satu kesatuan.

 

14. Namdaemun Market

snapshot_30 snapshot_31

Buat yang mau ngeborong oleh-oleh murah dari Korea, di sini nih tempatnya. Semua ada. Dari ramen, biskuit khas Korea, cemilan Korea, banana milk, dsb. Tentunya dengan harga lebih murah dari yang di supermarket.

 

 

15. Nami Island

img_0825 img_0832 img_0845 img_0880 img_0895 img_0915

Awalnya aku pikir aku akan bosan berjam-jam di Nami Island, ternyata sama sekali enggak. Seluruh bagian pulau Nami ditata dengan rapi dan masing-masing area punya tema aktivitas berbeda. Nggak cuma pepohonan dan danau yang cantik, tapi juga ada pameran lukisan, taman untuk spot piknik, dan aktivitas lain seperti ATV Bike, Segway, Sepeda, dsb. Nggak lupa juga tentunya ada spot-spot yang bisa buat napak tilas Winter Sonata buat kamu pencinta K-drama.

 

16. Petite France

snapshot_30

snapshot_31

Tempat ini katanya juga merupakan lokasi syuting K-Drama yang terkenal, tapi aku nggak tau nama filmnya dan seperti apa jalan ceritanya. Yang pasti, seluruh area dibuat seperti namanya, bernuansa pedesaan di Prancis. Cantik banget.

 

Jadi, kapan ke Korea?

10 Comments

  1. 1 February 2017 at 5:05 am

    Liat seafood di korea ini seger2 nyaaa, dimasak nya juga fresh

    • twelvifebrina
      Reply
      6 February 2017 at 6:59 am

      Iyaaa. Tapi jujur harga masaknya mahal sih. Padahal harga seafoodnya sendiri murah. Abalone gitu 1nya cuma 50rb. Tapi harus dibawa ke resto dan dimasakin, nah biaya masakinnya itu 150rb sendiri ahahahah.

      • MissC
        21 June 2017 at 7:49 am

        Hay kak, blognya menarik sekali.. hehe
        Jd pengen mampir ke Noryangjin kalo ke Korea nanti..
        BTW kalo cuma beli seafoodnya aja tapi ga dimasakin sekalian bisa gak ya? Soalnya mau masak sendiri, kebetulan aku mau stay di apartemen yg sekalian ada kitchennya gt hehe..

      • twelvifebrina
        8 July 2017 at 10:52 am

        Bisa kok. Kemarin aku nginep di hostel tanpa kitchen jadinya mau nggak mau ya dimasakin sekalian hehe

  2. 3 February 2017 at 8:01 am

    aku penasaran dengan Gangnam gegara Oppa Gangnam Style 😀

    • twelvifebrina
      Reply
      6 February 2017 at 7:00 am

      Gangnam cakep banget. Walaupun kata orang imagenya gangnam itu expensive and pretentious, ternyata menyenangkan loh, dan banyak restoran murah juga kok

  3. Ferani Yunita
    Reply
    18 March 2018 at 2:48 am

    Aku tertarik sama blog kaka dan kebetulan mei mau kesana. For the first time in forever bareng sama temen sd aku jadi ada gambaran hehe, tapi aku bingung kak transportasi transportasinya huhu

    • twelvifebrina
      Reply
      19 March 2018 at 7:14 am

      Hai Ferani!
      Bingungnya kenapakah? Gampang banget kok. Aku kemana-mana naik subway di Seoul.
      Pertama, di airport Seoul nanti langsung cari convenience store (CU atau 711), lalu beli kartu subway. Lalu top up sesuai jumlah yang kamu inginkan.
      Untuk rutenya aku pake Google Maps aja bisa kok. Coba cek postingan pertamaku soal south korea trip ini ya 😀

  4. Mia
    Reply
    31 March 2018 at 6:43 am

    Hi febrina, mau tanya dong,restoran di noryangjin itu buka dr jam brp ya? Dan apakah jaraknya dekat ke ewha university?

    • twelvifebrina
      Reply
      21 April 2018 at 12:19 pm

      Noryangjin dari jam 9 restonya sudah buka. Dari Ehwa agak jauh tapi naik subway aja 10menitan kok

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *