Hostel Bertema Cabin Pesawat di Jepang

Sebagai orang yang suka traveling dan nggak mau menderita banget saat melancong (tapi juga nggak mampu kalau harus tiap hari menginap di hotel bintang lima), I always consider myself as a flashpacker. Kalau kalian tau istilah backpacker sebagai orang yang melakukan perjalanan dengan budget seminimal mungkin, flashpacker memadukan antara hemat dengan nyaman.

Itu juga yang membuat Hostel selalu jadi pilihan terbaik buatku saat traveling. Selain murah, Hostel juga memberikan kesempatan untuk jadi lebih berani bersosialisasi dengan strangers, berkenalan dengan teman-teman baru yang (tentunya) punya kesamaan dengan kita, yaitu traveling.

Awalnya mulai solo traveling sekitar 2012, I wasn’t a big fan of hostel. Karena dulu itu aku tipe orang yang kalau kenalan dengan orang baru, cenderung pemalu dan tertutup. Akhirnya selalu milih tinggal di hotel. Tapi lama kelamaan, penasaran juga dengan Hostel, dan sekarang malah ketagihan.

Hostel juga macem-macem konsepnya lho, dan nggak se-“ghetto” yang dipikirin orang-orang kok.

Di Jepang kemarin, aku coba Hostel dengan tema yang unik; First class cabin di pesawat. Namanya “First Cabin Hostel”. First Cabin ini cabangnya banyak di Tokyo dan Osaka, jadi nggak bakalan susah nemunya. Salah satu cabangnya ada di dalam Haneda Airport, pas banget buat yang nyampe di Haneda sekitar midnight.

Karena tiba di Jepang jam 11 malam, aku memutuskan menginap 1 malam di First Cabin Haneda. Untuk menuju hostel, cukup naik shuttle bus gratis dari terminal kedatangan, menuju Haneda Domestic Terminal. Naik eskalator 1 lantai, dan langsung ketemu deh hostelnya. Saking senangnya sama hostel ini, 3 malam terakhir di Tokyo, aku juga menginap di First Cabin, tapi yang di Akasaka.

Seperti namanya, First Cabin Hostel ini temanya adalah First Class Cabin di pesawat. Bahkan resepsionisnya juga seragamnya mirip pramugari dan pramugara pesawat! Capsule bed dengan atap yang tinggi membuat kita leluasa, nggak ngerasa sesak seperti di capsule hotel ala Jepang pada umumnya. Ada tirai penutup di tiap bed untuk privacy, TV 21 inch di dalam tiap cabin, headphone, colokan, ear plugs, dan laci yang dilengkapi kunci untuk menaruh barang berharga.

firstcab

Capsule bed

Snapshot_5

Hallway menuju capsule beds

Snapshot_6

Amenities: Piyama, headphone, handuk 1 set, sikat gigi, charger adaptor, ear plug

Snapshot_7

Kunci laci capsule bed

 

Snapshot_8

Laci capsule bed untuk menyimpan barang berharga

 

Harga per-kapsul per-malam adalah 500-550rb Rupiah. Ini sudah termasuk 1 set piyama untuk baju ganti, sikat gigi, pasta gigi, handuk besar, handuk kecil, handuk mandi untuk scrub badan, dan dipinjamkan juga adaptor charger serta kunci sepeda (rantai sepeda) untuk mengunci koper kita di kamarSaat check-in, kita akan diberikan kartu akses dan kunci untuk laci di tempat tidur kita. Di tiap dorm room disediakan beberapa bilik toilet, tapi untuk kegiatan seperti mandi dan laundry, letaknya di lantai yang berbeda.

20170526_175652

20170526_175659

Fasilitas pendukung lain:

  • Common Room yang luas dan dilengkapi beberapa buah vending machine untuk minuman, snack, es krim, bahkan minuman panas
  • SPA AIR PANAS. Yup. Di dalam shower room, ada ruangan yang namanya Sento, atau public bath house ala Jepang. Isinya adalah kolam air panas untuk berendam. Cocok banget buat yang badannya pegel-pegel habis jalan jauh. Tapi inget ya, untuk mandi di Sento, kamu harus terlebih dahulu mandi di shower menggunakan sabun, membilas diri, baru masuk ke kolam. Dan harus telanjang bulat. Nggak boleh pakai sehelai benangpun. Tenang, shower room perempuan dan laki-laki dipisah kok.

20170526_175709 (1)

20170526_175720 (2)

Okay, enough with the facilities, now on to my personal reviews.

First Cabin Hostel is the best hostel I’ve ever been to, so far. Pertama, atap capsule bed yang tinggi bikin tempat tidurnya lega banget, bisa duduk, berdiri, loncat-loncat, jungkir balik, salto, pokoknya lega. Kedua, shower room-nya paling keren sepanjang sejarah kehidupan perhostelan yang pernah aku alami. Tersedia toilettries lengkap mulai hand wash, soap, shampoo, conditioner, sampai cleansing oil, face moisturizer, dan body lotion, yang semuanya SHISEIDO. Sumpah. Shiseido. Hahahah.

20170526_175633

20170526_175646

20170526_175639

Tersedia juga cotton bud, kapas makeup, sisir dalam sachet (yup. Jadi tiap orang boleh ambil sepuasnya kaya permen), hair dryer, hair straightener (catokan), dan curling iron segala! Udah gitu, air kerannya bisa diminum loh, lumayan banget kan buat hemat uang jajan.

Kalau kamu tertarik, bisa booking online melalui websitenya http://www.first-cabin.jp dan bayar langsung saat check in. Jadi nggak perlu kartu kredit.

Highly recommended!

 

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *